10 Tips Cara Bergaul Dengan Rekan Kerja



Banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu dengan kolega mereka daripada orang lain dalam hidup mereka. Memastikan bahwa Anda bergaul dengan rekan kerja Anda dapat meningkatkan kepuasan kerja Anda, produktivitas di tempat kerja dan kebahagiaan secara keseluruhan. Jika Anda tidak yakin cara terbaik untuk mempromosikan hubungan yang harmonis dengan rekan kerja Anda, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan hari ini.Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya hubungan positif dengan rekan kerja Anda dan tips yang dapat ditindaklanjuti untuk cara bergaul dengan orang lain di tempat kerja.

Mengapa penting untuk bergaul dengan kolega Anda?

Mampu bergaul dengan orang-orang yang bekerja dengan Anda dapat memiliki beberapa manfaat baik di dalam maupun di luar tempat kerja. Salah satu manfaat utama dari hubungan rekan kerja yang baik adalah dapat meningkatkan kepuasan kerja Anda secara keseluruhan. Ketika Anda berharap untuk melihat orang-orang yang bekerja dengan Anda setiap hari, Anda akan pergi bekerja lebih bahagia dan merasa lebih termotivasi untuk menjalani hari itu.Manfaat penting lainnya dari bergaul dengan kolega Anda meliputi:

  • Mengurangi stres terkait pekerjaan
  • Peningkatan kesehatan dan kesejahteraan
  • Peningkatan kesehatan psikologis
  • Kesempatan untuk beristirahat di tempat kerja dan terhubung dengan orang lain
  • Rasa koneksi dan persaudaraan di tempat kerja
  • Peningkatan kesuksesan di tempat kerja

Bagaimana bergaul dengan rekan kerja

Terlepas dari jenis pekerjaan apa yang Anda miliki, jika Anda bekerja dengan orang lain, Anda dapat menikmati manfaat yang datang dengan bergaul dengan rekan kerja Anda. Berikut adalah 10 tips tentang cara bergaul lebih baik dengan orang-orang yang bekerja dengan Anda.

1. Mulailah membangun hubungan sejak awal

Bergaul dengan rekan kerja Anda dimulai pada hari pertama Anda memulai pekerjaan baru. Ketika Anda memulai posisi baru, pastikan untuk fokus tidak hanya pada mempelajari peran baru Anda tetapi juga pada pertemuan kolega Anda dan bersikap ramah. Misalnya, jika semua rekan kerja Anda pergi makan siang bersama pada hari Rabu, setuju untuk pergi bersama mereka atau meminta untuk bergabung. Ini dapat memberi Anda waktu berkualitas untuk bertemu orang baru dan memberi tahu rekan kerja Anda bahwa Anda tertarik untuk membangun hubungan dengan mereka.Terkait: Membangun Hubungan: Tips dan Contoh

2. Luangkan waktu untuk belajar tentang orang lain

Meluangkan waktu untuk belajar tentang rekan kerja Anda dapat memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sosial di kantor Anda. Menunjukkan minat pada orang lain memberi sinyal kepada mereka bahwa Anda terbuka untuk membentuk persahabatan dan juga membantu Anda mengetahui apakah Anda cocok dengan rekan kerja. Lain kali Anda berada di ruang istirahat dengan rekan kerja, tanyakan kepada mereka tentang rencana akhir pekan mereka atau buku apa yang sedang mereka baca. Jenis pertanyaan ini mungkin tampak sederhana tetapi bisa sangat membantu untuk mengenal dan membangun hubungan dengan rekan-rekan Anda.

3. Tunjukkan rasa hormat kepada rekan kerja Anda

Menunjukkan rasa hormat kepada rekan kerja Anda adalah bagian penting untuk bergaul dengan mereka. Ada kemungkinan besar Anda tidak akan menyukai setiap orang yang bekerja dengan Anda. Sebenarnya, ini yang diharapkan dan merupakan bagian normal dari bekerja di lingkungan kantor. Namun, tidak peduli seberapa menantang Anda menemukan orang lain, menunjukkan rasa hormat kepada mereka dapat memastikan bahwa hubungan tetap positif dan bahwa Anda dapat bergaul dengan mereka saat bekerja.

4. Hindari berbagi berlebihan

Meskipun Anda tentu harus berusaha untuk terbuka dan jujur di tempat kerja, penting juga untuk menghindari oversharing tentang masalah pribadi dalam banyak kasus. Cobalah untuk menjaga percakapan kerja Anda tetap positif dan ringan bila memungkinkan kecuali Anda sangat dekat dengan rekan kerja. Ini dapat membantu Anda mempertahankan hubungan profesional namun ramah dengan kolega Anda.

5. Jaga interaksi Anda dengan rekan kerja tetap positif

Menjaga percakapan Anda dengan rekan kerja tetap positif dapat meningkatkan hubungan kerja Anda dan meningkatkan moral kantor. Meskipun mungkin terasa menyenangkan saat ini untuk mengeluh tentang manajer Anda atau rekan kerja lain, ini dapat membuat orang lain enggan berkomunikasi dengan Anda. Menghindari gosip dan percakapan yang terlalu negatif dapat memiliki efek positif pada hubungan kantor Anda dan kepuasan kerja Anda secara keseluruhan.

6. Bantu karyawan baru merasa diterima

Memulai pekerjaan baru bisa terasa menantang, terutama ketika ruang kerja penuh dengan hubungan yang sudah terjalin. Ketika seorang rekan kerja baru mulai bekerja di kantor Anda, luangkan waktu untuk menyambut mereka ke ruang kerja dan mengenal mereka. Misalnya, Anda dapat meminta rekan kerja baru Anda untuk datang ke happy hour kelompok kerja Anda atau mengundang mereka keluar untuk makan siang suatu hari. Ini tidak hanya dapat memberi Anda kesempatan untuk mengenal seseorang yang baru di tempat kerja tetapi juga dapat membuat transisi kerja rekan kerja baru Anda jauh lebih mudah dan menyenangkan.

7. Jadikan pekerjaan Anda sebagai prioritas

Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, berfokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan setiap hari juga bisa menjadi aspek penting untuk bergaul dengan rekan kerja Anda. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu bersosialisasi, Anda mungkin merasa sulit untuk menyelesaikan tugas sehari-hari Anda. Akibatnya, rekan kerja Anda mungkin harus mengambil lebih banyak pekerjaan untuk memperhitungkan apa yang tidak dapat Anda selesaikan. Ketika Anda menjadikan pekerjaan Anda sendiri sebagai prioritas, Anda mencegah rekan kerja Anda dari keharusan melakukan tugas tambahan dan berkontribusi pada yang lebih ramah dan produktif Lingkungan Kerja.Terkait: Tips untuk Menunjukkan Etos Kerja

8. Jadilah mudah didekati

Membuat diri Anda mudah didekati di tempat kerja juga dapat meningkatkan hubungan Anda dengan rekan kerja Anda. Jika Anda bekerja di kantor tertutup, pastikan untuk menjaga pintu Anda terbuka bila memungkinkan untuk memberi tahu kolega Anda bahwa Anda tersedia. Jika Anda bekerja di kantor ruang terbuka, cobalah untuk tidak memakai headphone sepanjang hari sehingga orang lain memiliki kesempatan untuk mengobrol dengan Anda saat dibutuhkan. Ini adalah tip yang sangat penting bagi manajer dan pengusaha, karena memberi tahu karyawan Anda bahwa mereka dapat mendekati Anda dapat membantu mereka mengetahui bahwa Anda peduli dengan masalah dan tantangan mereka di tempat kerja.

9. Bekerja dengan tim lain jika memungkinkan

Seringkali mudah untuk bekerja dengan kelompok orang yang sama setiap hari, terutama jika Anda adalah bagian dari tim yang tidak pernah berubah. Jika memungkinkan, cobalah untuk bekerja dengan tim lain di seluruh tempat kerja Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk bertemu orang baru dan berpotensi membuat teman kerja baru.

10. Praktikkan perilaku dan etiket hormat di tempat kerja

Datang untuk bekerja tepat waktu, mengenakan pakaian yang sesuai dan menjaga ponsel Anda diam adalah semua etiket tempat kerja yang tepat yang dapat mempromosikan hubungan rekan kerja yang positif. Contoh tambahan dari perilaku hormat yang dapat membantu Anda bergaul dengan rekan kerja Anda termasuk mempraktikkan etiket email yang baik, menjaga suara Anda tetap rendah saat mengobrol dengan orang lain dan menggunakan bahasa yang sesuai di tempat kerja.